Cara Menjumlahkan Di Microsoft Excel Dengan Mudah

Cara Menjumlahkan Di Excel – Excel diciptakan pada awalnya untuk memudahkan pekerjaan tertentu. Salah satunya mempermudah pengolahan data yang bersifat numerik atau berkaitan dengan penjumlahan beberapa data. Dengan excel pekerjaan akumulasi perhitungan semakin cepat bila dibandingkan secara manual.

Banyaknya data yang harus di akumulasi akan lebih cepat diselesaikan menggunakan excel. Bahkan tidak memerlukan waktu panjang untuk menyelesaikan pekerjaan. Memang menggunakan cara manual juga bisa mengakumulasi data seperti penjumlahan dan lainnya. Tetapi tidak bisa di pungkiri menggunakan waktu lama.

Maka dari itu akan dijelaskan pada artikel ini, bagaimana menggunakan excel dalam perhitungan termasuk penjumlahan. Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai excel yang berkaitan dengan penjumlahan. 

RUMUS PENJUMLAHAN EXCEL KE BAWAH


1. Cara Menjumlahkan Di Excel ke Bawah Menggunakan Teknik Operator Plus (+)

Menggunakan teknik plus cukup mudah. Caranya hanya menggunakan penggabungan setiap sel dalam tabel excel. Lihat gambar dibawah untuk penjelasannya.



2. Cara Menjumlahkan Di Excel Menggunakan Teknik SUM

Menggunakan cara plus (+) seperti di atas mungkin kurang maksimal. Kurang maksimalnya jika data yang ada cukup banyak. Maka penjumlahan akan lama dilakukan. Untuk data dengan jumlah banyak bisa menggunakan teknik SUM. 

Perhatikan gambar di bawah.



Catatan: untuk menuliskan rumus sum dalam excel cukup menggunakan kombinasi keyword Alt + = (sama dengan).

3. Cara Menjumlahkan Di Excel Menggunakan Teknik SUBTOTAL

Cara berikutnya yang bisa anda gunakan untuk melakukan penjumlahan pada excel dengan teknik subtotal. Teknik ini digunakan untuk menjumlahkan sel ke bawah dengan kolom yang sama pada excel.

Perhatikan gambar di bawah.





4. Cara Menjumlahkan Di Excel Antar Kolom Tabel

Penjumlahan ini dilakukan sama seperti teknik sebelumnya yakni menggunakan SUBTOTAL. Hanya saja penjumlahan yang dilakukan pada kolom berbeda.

RUMUS PENJUMLAHAN EXCEL ANTAR KOLOM


Teknik penjumlahan excel antar kolom tidak jauh berbeda dengan teknik penjumlahan ke bawah. Tepatnya seperti penjelasan yang sudah di sampaikan di atas. Untuk lebih jelasnya seperti penjelasan berikut ini.

1. Penjumlahan Antar Kolom Excel Dengan Tekik Operator Plus (+)

Bila menggunakan teknik plus (+) maka rumus penjumlahan yang digunakan seperti sel E4. Lengkapnya pada gambar di bawah.



2. Penjumlahan Antar Kolom Excel Menggunakan Teknik SUM

Untuk menerapkan penjumlahan kolom excel dengan teknik SUM bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.



3. Penjumlahan Antar Kolom Excel Menggunakan Teknik SUBTOTAL

Penjumlahan subtotal tidak sulit dilakukan. Penggunaan rumus ini juga sedikit mirip dengan penjumlahan ke bawah sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah.



PENJUMLAHAN ANTAR SHEET EXCEL


Pada penjumlahan sebelumnya digunakan bila sel excel saling berdekatan. Namun jika data berbeda yakni pada range data. Maka penjumlahan yang digunakan juga akan berbeda.

1. Penjumlahan Excel Tabel Berbeda Dengan Sheet Sama

Penjumlahan pada sheet terlihat perbedaannya dari segi peletakan rumus sheet. Jelasnya seperti gambar di bawah.











Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan bila ingin melakukan penjumlahan menggunakan excel. Semua rumus atau teknik yang sudah disampaikan bisa anda sesuaikan dengan keadaan data anda saat ini.

Penggunaan bisa saja berbeda. Misalnya perbedaan dari sel, kolom dan lainnya. Semua itu tergantung dari peletakan tabel yang disediakan pada masing-masing file excel. 

Maka dari itu perhatikan peletakan sel maupun kolom data anda saat ini. Rumus yang digunakan tetap dengan teknik sama untuk semua penjumlahan pada excel.

0 Response to "Cara Menjumlahkan Di Microsoft Excel Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel