Cara Mengubah UUID Pada Program Linux

Cara Mengubah UUID – UUID sebenarnya sering dijumpai pada program Linux. Terlebih ketika melakukan install menggunakan virtual box. 

UUID (universally unique identifier) sendiri merupakan sebuah angka 128 bit. Terlebih sering digunakan untuk melakukan identifikasi pada sistem komputer. Misalnya digunakan untuk identifikasi perangkat hardware serta partisi pada perangkat komputer.

Ketika komputer membuat UUID maka angka 128bit akan keluar tanpa dilakukan pengaturan terlebih dahulu. Meskipun dari file yang muncul berupa nama unique, semua itu tidak menutup kemungkinan akan muncul 2 UUID berbeda pada waktu bersamaan pada sebuah sistem komputer.

Maka dari itu UUID unique hanya terjadi pada sistem komputer yang bersangkutan. Tetapi sistem komputer berbeda jelas akan muncul UUID persis sama.

Bahkan sangat sulit pengguna untuk menebak pola yang ada pada UUID. Apabila ada orang tidak dikenal ingin mengambil data seluruh user, maka pengguna komputer bisa membuat kombinasi 32 karakter UUID. Hal tersebut akan mempersulit pencurian data.

Dalam artikel ini akan disampaikan bagaimana cara mengubah UUID pada perangkat komputer. Maka dari itu silahkan membaca artikel ini hingga tuntas agar benar-benar paham cara mengubah UUID.

Cara Mengubah UUID Melalui Virtual Box


Bila anda ingin membuat VM dengan sumber yang sama, yakni pada 1 VHD pasti akan keluar pesan error seperti UUID. Pesan error yang keluar biasanya seperti gambar di bawah.




Error seperti di atas biasanya terjadi karena membuat 2 VM dari VHD yang sama dan secara bersamaan.

Cara untuk mengatasi error UUID cukup mudah yakni dengan teknik berikut.

  • Menghapus VM – Apabila VM telah dihapus maka tidak akan keluar lagi pesan error UUID.
  • Bila ingin menggunakan kembali VM sebelumnya maka lakukan Remove Only agar yang telah dihapus tidak menyertakan VHD.



  • Mengubah UUID sama halnya tidak menghapus VM. Maka dari itu kedua VM tetap bisa digunakan. Cara mengubahnya UUID cukup mudah.
         a. Silahkan anda masuk pada CMD komputer
         b. Buka dengan klik kanan kemudian pilih Run Administrator



         c. Selanjutnya ketik perintah cd C:\Program File\VirtualBox\ bisa juga membukan folder                      tersebut secara manual dengan membuka explore komputer.

  • Selanjutnya anda ketik perintah VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “pathtovhdfile”. Masukkan alamat VHD di dalam tanda kutip. Sesuaikan dengan VHD masing masing. 


Itulah cara yang bisa dilakukan bila ingin mengubah UUID. Cara yang disampaikan cukup mudah dilakukan. Sekalipun anda masih awam namun bila mengikuti perintah yang diberikan maka bisa dilakukan dengan cepat. 

Ada banyak alasan yang disampaikan pengguna mengapa mereka ingin mengubah UUID. Baik itu menggunakan virtual box hingga menggunakan OS Linux secara langsung.

Namun perlu diketahui bila penggunaan UUID juga memilki dampak negatif. Diantaranya tidak akan bisa melakukan sorting bahkan order by ID. Hal tersebut disebabkan karena data string bukan termasuk integer seperti biasa. 

Efek lainnya yang akan dialami yakni sulitnya untuk mengetahui jenis ID/ UUID karena sudah dilakukan perubahan dari posisi default.

Jadi pastikan anda mengetahui semua risiko yang akan terjadi ketika mengubah UUID pada perangkat komputer. Baik menggunakan VirtulBox maupun pada perangkat komputer secara langsung.

Selanjutnya silahkan anda melakukan perubahan pada UUID di perangkat komputer masing-masing. Lakukan teknik dengan benar agar tidak menimbulkan pesan error nantinya.

Perlu melakukan semua langkah pengubahan dengan benar. Jangan sampai membuat file VHD benar-benar tidak bisa digunakan kembali.

0 Response to "Cara Mengubah UUID Pada Program Linux"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel